Thierry Henry, Faktor Pembeda Belgia Lawan Perancis

Thierry Henry, Faktor Pembeda Belgia Lawan Perancis
Thierry Henry (Franck Fife/AFP/Getty Images)

Banyak yang tidak menyadari keberadaan Thierry Henry sebagai anggota tim pelatih pasukan Setan Merah Belgia di Piala Dunia 2018 sebelum pertandingan semifinal yang mempertemukan Belgia lawan Prancis. Keberadaannya sebagai Asisten pelatih tim nasional Belgia mendapat sorotan dalam laga semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia, mempertemukan kedua negara. Sosok yang menjadi bagian dari para pahlawan Prancis ketika memenangkan Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ini akan menghadapi momen unik di laga tersebut.
Momen unik dan aneh ini tidak hanya akan dirasakan oleh Henry saja, tapi juga anggota skuat Prancis serta Masyarakat Prancis. Nah, yang akan menjadi lebih aneh lagi bila saja...seandainya  dalam pertandingan nanti Belgia mengalahkan Prancis. Bisakah?

Bersama Belgia sejak awal kampanye kualifikasi Piala Dunia 2018 
Henry merupakan legenda Timnas Prancis, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Tim berlogo ayam jantan ini. Dirinya mencetak 51 gol dalam 123 penampilan di semua kompetisi bersama negaranya tersebut.
Thierry Henry bergabung dengan staf kepelatihan timnas Belgia. Henry bergabung beberapa minggu setelah Roberto Martinez diangkat sebagai pelatih kepala pada tahun 2016. Di tahun itu, tepatnya pada musim panas, Federasi Sepakbola Belgia mengumumkan kehadiran legenda Prancis tersebut untuk memperkuat kinerja tim besutan Roberto Martinez. Peran yang dimainkannya adalah bergabung dalam staf kepelatihan , dengan menjadi asisten pelatih bersama Graeme Jones asal Inggris.   
Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Thierry Henry. Baginya, ini adalah waktu terbaik untuk menunjukkan ilmu dan pengalamannya dalam bidang kepelatihan sepakbola. Henry menampik dirinya adalah seorang penghianat. Berulangkali ia mengatakan, bahwa dirinya tidak memilih Belgia ketimbang Prancis. Namun, pada saat bergabung bersama timnas Belgia, hanya Belgia yang memberinya tawaran serta kesempatan. Sementara, Henry menekankan, bahwa pihak Prancis tidak pernah mengadakan komunikasi, apalagi menawarkan hal serupa terhadap dirinya.
Belgia memberikan apresiasi besar terhadap peran Thierry Henry dalam timnas mereka. Roberto Martinez mengatakan bahwa Henry memiliki andil yang cukup besar dalam pencapaian Belgia selama babak kualifikasi Piala Dunia. Bersamanya, Belgia menjadi tim asal Eropa pertama yang mampu menembus babak kualifikasi di Rusia tanpa terkalahkan. Dengan torehan 43 gol dari 10 pertandingan, dengan memenangkan 9 laga, satu kali seri dan kebobolan hanya 6 kali saja.

Mengasah ketajaman striker
Selama babak kualifikasi, Belgia menjadi satu dari tiga tim tertajam di Eropa berdasarkan selisih gol, dengan raihan lebih dari 30 gol. Jerman di urutan pertama dengan raihan 39 selisih gol, diikuti oleh Belgia dengan raihan 37 selisih gol, dan spanyol dengan 33 selisih gol. Dengan tersingkirnya Spanyol dan Jerman, maka praktis Belgia adalah tim yang paling berbahaya di Piala Dunia 2018. Boleh dibilang para striker Belgia memperoleh ketajamannya berkat binaan thierry Henry.
Sebagai seorang striker all-rounder, dengan statusnya sebagai seorang legenda, serta pengalamannya mengarungi turnamen kelas wahid selevel Piala Dunia serta Piala Eropa, hal tersebut akan memberikan dampak positif luar biasa pada para penyerang Belgia, seperti Michy Batshuayi, Cristian Benteke, Eden Hazard, serta Romelu Lukaku.
Sosok Thierry Henry memang secara spesifik sengaja dipilih untuk menjadi mentor bagi para penyerang timnas Belgia. Federasi Sepakbola Belgia menginginkan sosok pelatih yang memiliki pengalaman sebagai pemain, pernah memenangkan trofi, serta mampu mentransfer pengalaman tersebut serta menumbuhkan mentalitas sebagai seorang pemenang pada pemain-pemain muda timnas Belgia.
Belajar dari yang terbaik. Begitulah kira-kira yang diinginkan oleh Federasi Sepakbola Belgia dengan menghadirkan sosok Thierry Henry. Sebagai seorang pemain, dirinya mampu melakukan pendekatan yang baik terhadap  para punggawa tim. Henry tidak segan-segan memanggil pemain untuk berbincang-bincang untuk memperbaiki pergerakan serta positioning mereka dalam permainan. Bahkan dia akan menunjukkan kesalahan pemain tersebut dalam video review, serta menunjukkan hal yang seharusnya dilakukan, memperbaikinya, serta meyakinkan bahwa pemain tersebut tidak mengulangi kesalahan tersebut. Thierry Henry sebagai seorang perfectionist akan memastikan itu.
www.goal.com

Pengaruh besar Henry terhadap Romelu Lukaku
Yang tidak kalah penting adalah bagaimana kehadiran Thierry Henry memperbaiki kualitas penyerang utama Belgia, Romelu Lukaku. Keduanya memiliki karakter yang mirip, serta memiliki bakat alami sebagai seorang pemimpin. Lukaku sering berdiskusi membahas permainan bersama Henry. Romelu Lukaku jelas mengalami peningkatan kualitas dari segi skill serta pemahamannya membaca permainan. Caranya membawa bola, mencari ruang kosong, membuka ruang bagi rekan setim, bahkan sampai mengontrol bola. Terlihat Lukaku mengadaptasi gaya permainan seorang Thierry Henry. Hanya saja, perbedaannya terletak pada kekuatan dan ukuran tubuh lebih besar yang dimiliki oleh Lukaku.
Buah binaannya bersama Belgia akan ditunjukkan dalam laga melawan negara asalnya, Prancis. Akankah para penyerang Belgia yang telah diasah ketajamannya dengan bimbingan legenda Prancis mampu melesakkan gol yang menguburkan asa negara asal sang asisten pelatih, atau Prancis yang akan melenggang mulus ke final. Pastinya, Thierry Henry akan penuh dengan gejolak perasaaan dalam pertandingan ini. [###]

*Tulisan ini juga telah dimuat di kompasiana.com dengan judul yang sama.